Batuk

Batuk No ratings yet.

Batuk

Pengertian Batuk

Batuk adalah respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Tenggorokan dan saluran napas dilengkapi saraf yang merasakan jika terdapat bahan atau zat yang menggangggu. Kondisi ini menstimulasi saraf untuk mengirim sinyal pada otak, yang selanjutnya direspons otak dengan mengirim kembali sinyal untuk mengeluarkan zat tersebut dengan batuk. 

Batuk yang terjadi sesekali itu normal karena dapat membantu menggerakkan dahak yang bertugas menjaga saluran napas tetap lembap. Terkadang, batuk-batuk bisa dirasakan lebih parah di malam hari. Namun, batuk yang terus-menerus apalagi ditambah gejala lain, seperti demam dan dahak berwana atau berdarah, dapat menandakan gangguan medis.

Berdasarkan durasinya, batuk dapat digolongkan menjadi batuk akut yang berlangsung selama kurang dari 3 minggu, batuk sub-akut yang terjadi selama 3-8 minggu, dan batuk kronis yang berlangsung lebih dari 8 minggu.

Selain proses normal tubuh untuk mengeluarkan benda asing, batuk dapat menjadi gejala suatu penyakit, seperti flu, penyakit paru, jantung, atau sistem saraf. Dalam hal ini, kemunculan batuk juga disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Pilek.
  • Demam.
  • Lemas.
  • Nyeri tenggorokan.
  • Sulit menelan atau batuk saat menelan.
  • Mengi atau bengek.
  • Sesak napas.

 

Kapan Perlu Periksa ke Dokter?

Saat Anda mengalami gejala seperti di atas, silahkan datang dan konsultasikan masalah kesehatan Anda ke Damai Medika. Kami akan memberikan saran dan solusi kepada Anda.

Damai Medika mengatasi tumor tanpa operasi dan tanpa rasa sakit. Damai Medika adalah jalan terbaik untuk Tumor di Semarang.

Kesehatan Anda adalah Harapan Kami.

Hubungi Hubungi kami di:
024-76331955

Atau whatsapp kami di:

083838515182

Please rate this

Tags:
Share: